blog saya ada banyak sekali, kenapa banyak? karena saya hanya sekedar buat dan lupa passwordnya. ya selama ini begitulah kasusnya, tapi di blog ini saya nawaitu akan update selalu dan membuatnya jadi blog resmi saya. semoga.
banyak konten-konten terdahulu saya copas dari blog lama saya. pada awalnya saya mempercayakan perkembangan blog saya pada wordpress, tetapi seiring berkembangnya kemauan saya terhadap fitur-fitur yang ditawarkan, saya berhijrah ke blogger.

sebenarnya wordpress maupun blogger ada kekurangan dan kelebihan masing-masing. hal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan. setelah saya berpindah ke blogger ada fitur-fitur yang tidak saya jumpai seperti di wordpress (atau saya yang ga tau y?), membuat saya rindu dengannya, tapi terkadang saat saya utak-atik wordpress ada keterbatasan yang dimilikinya juga. ya sudahlah saya putuskan menggunakan blogger saja dengan segala min plus yang dimiliki. toh juga nanti usaha untuk terus belajar tentang blogger terus ada.

wordpress
ini blog lama saya di wordpress. menurut saya ini sangat tidy, rapi sekali. ada archives yang menunjukkan arsip-arsip saya terdahulu,yang paling saya suka adalah adanya CATEGORIES. categories ini yang mengelompokkan postingan-postingan kita, dan masuk ke kategori manakah tulisan kita itu tergantung pada kita. pilihan akan masuk kemana kategori tulisan kita ada pada saat kita membuat postingan baru, tinggal kita pilih saja termasuk kategori mana postingan kali ini. inilah yang ingin saya gunakan juga di blogger tetapi tidak ada.
sebenarnya wordpress mudah karena 'ketidak neko-nekoannya', sehingga para blogger wordpress berkekuatan pada tulisan-tulisannya. agar menarik tidak perlu terlalu banyak aksesori yang justru akan memperlama loading page yang membuat blog surfer jadi malas membuka halaman blog kita.

sebagai orang awam (bukan pengutak-atik komputer) saya hanya user yang memilih sesuatu berdasarkan keinginan saya. saat di wordpress saya bayak terinspirasi dari blog teman saya. dia menggunakan wordpress, blognya terlihat simple tapi banyak link-link dan gambar-gambar serta ada video. saat itu saya masih kurang paham dengan cara kerja worpress yang jika akan menampilkan gambar, video maupun aplikasi-aplikasi lain harus tau URL dulu. karena saya awam sekali jadi saya mencoba-coba, pencet sana pencet sini akhirnya bisa menambahkan gambar serta video di page saya. inginlah saya memasang aplikasi-aplikasi di worpress saya. saya bisa menambahkan profil badge dari facebook saya, kemudian ingin juga menambahkan shoutmix (link) agar terlihat ada timbal balik pada para blog surfer yang singgah di halaman saya. dan ternyata tidak bisa, di wordpress lama saya hanya keluar link shoutmixnya tapi tidak keluar shoutmix yang saya inginkan. ternyata setelah saya mencari tau, wordpress tidak support dengan javascript sehingga aplikasi-aplikasi yang dapat ditampilkan dalam halaman wordpress terbatas. ditambah lagi jika seorang blog surfer membaca postingan kita kemuadian tertarik dan meninggalkan komentar,komentar tersebut tidak langsung muncul, haruslah menunggu konfirmasi dari sang penulis. menurut saya hal ini akan mengurangi ke-interest-an pada blog kita. untuk itulah saya ingin pasang shoutmix, agar blog surfer bisa menulis atau hanya sekedar menyapa.


blogger

sekarang saya pengguna blogger. alasan utama saya menggunakan blogger adalah saya ingin memasang shoutmix, dan ternyata bisa :). di blogger banyak sekali keunggulan yang ditawarkan, banyak aplikasi-aplikasi yang di wordpress tidak bisa tapi di blogger bisa. yang saya sayangkan adalah di blogger tidak ada CATEGORIES sehingga tulisan-tulisan saya campur-campur, lain dengan wordpress yang ada pilihan kategori-kategorinya.

ditambah lagi blogger bisa menggunakan template-template yang lucu-lucu. jadi kita bisa upload template sendiri dan tidak menggunakan template bawaan dari blogger. saya pernah mencoba mengganti template di wordpress dan itu tidak bisa menggunakan template kecuali template bawaan asli dari wordpress (mungkin saya yang tidak tau caranya?).

adik saya smp dan pelajaran ti ada tugas harus membuat blog. hampir semua teman-temannya mempercayakan blognya pada blogger. karena apa? ya mungkin faktor usia juga berpengaruh besar di sini. banyak sekali aplikasi-aplikasi yang mereka pajang, seperti template dengan berbagai gaya khas anak muda, jadwal sholat, pets, kalender, jam, foto, shoutmix, play list, dll. mereka tau bahwa di wordpress tidak bisa memajang aplikasi semacam itu jadi banyak diantara mereka yang membuat blognya di blogger. isi postingan jadi nomer sekian yang penting blognya 'ramai' dengan berbagai aplikasi yang menurut mereka menarik.


sekali lagi, penggunaan wordpress atau blogger memang disesuaikan kebutuhan. dengan menggunakan wordpress, blog kita dituntut harus up to date. kekuatan tulisan sekali lagi mesti diutamakan disini. jika menggunakan blogger, keunggulannya adalah layout dan aplikasi-aplikasi yang banyak dan meramaikan blog Anda.