Senin sama jumat pagi jam 8 jadwalnya ngaji di majelis. Senin sampe jumat, tiap sore jam setengah4 gitu mbantuin ngajar di TPA deket rumah.
“Ko temane ngaji2an kabeh c ferian iki?nggwaya!”
“lha daripada nonton tv trus mendingan ngaji. Wong aq kan Muslim. Ga salah to ya?”

Tilawati vs Iqra

Lagune neno warisman yang a-ba-ta-tsa tau ga?
Ada kata2nya gini “we use iqra for study”
Kali jaman itu blum ada tilawati kali ya?jamanku kecil juga aq ngajine pake iqra.

Gara2 sekarang aku ikut pengajian di sulfat itu jadi tau deh aq bedane tilawati sama iqra. Dan baru bener2 ngeh setelah terjadi insiden. Hrrr… trivial menurutku.

Tilawati itu ya kaya iqra mek judul bukune tilawati bukan iqra. Isine? Ya sewajarnya buku latian ngaji itu. Mulai a-ba-ta-tsa sampe udah mulai satu ayat panjang gitu. Ya nek iqra mah kaya iqra 1-6. Bedanya adalah cara bacanya, nek tilawati itu dari mulai belajar a-ba-ta-tsa udah ada lagunya,ada nadanya. Lagu rost namanya. Kalu iqra kan a-ba-ta-tsa biasa, ga pake nada2 gitu. Lagune ya sakkarep.

Nah masalahnya adalah di TPAku itu pke iqra dan menurutku itu bukan masalah. Karena memang ga masalah mau pake buku apa sing penting pinter. Toh aq dari kecil juga kenalnya iqra. Menjadi masalah saat muncul ‘banding-bandingan’ bagus mana antara tilawati apa iqra. Hrrr… bagiku ya bagus semua, yang ga bagus ya yang ga blajar ngaji. Kaya shalat trawih tu, ga ada yang lebih bagus, 11 rakaat atau 23 rakaat. Yang ga bagus ya yang ga shalat.

Ada alat peraga di TPAku bagus juga dimanfaatkan dari pada nganggur,mubadzir. Tapi judulnya TILAWATI. Ustadzah2 yang lain pada ga mau “lho itu kan tilawati bukan iqra,mbak ian..” … Tanda Tanya besar bukan? Lha ko aneh wong2 iki. Terus kenapa kalu judulnya tilawati? Opo tulisan tilawatine ku coret trus ku ganti iqra a ben bukan tilawati lagi?

Kaya gitu aja ko ga boleh. Cenderung antipati. Isinya alat peraga itu kan ya plajaran cara baca al’quran yang bener se, sama kaya iqra. Lagian substansinya itu bukan tilawati atau iqranya itu. Intinya itu di isinya itu lho. Mau pake tilawati tapi nek qta ga pake lagunya juga kaya iqra kan? Pun sebaliknya. Kita pek iqra tapi bacanya dilagukan ya jadi tilawati.

Intinya itu bukan di tilawati atau iqra itu lho. Nek iqra tapi bacanya bener,bagus, sempurna ya ga kalah sama tilawati. Tilawati juga gitu, nek bagus juga ga kalah sama iqra to?